Mengenai Saya

Foto Saya
Sentani, Jayapura, Indonesia
I belong to God. He has been redeem and forgive of all my sins. He has change me from who i was to who i'm now so.. it's only by His grace--> By using this blog, I want to share how great is God's grace in my life. I also want to share how does He lead and mold me to be more Christ-like each day.

Minggu, 02 Oktober 2011

dalam kelemahanku, kuasa-Mu menjadi sempurna

aku lagi ngerjain tgs sih sebenernya trus kepikiran mau posting yg aku alami beberapa minggu ini. aku harus dokumentasikan masalah ini, karena ini merupakan one of the important part of my life. bagaimana Tuhan memproses aku melalui masalah ini. klo waktu lagi anget2nya kemarin sempet sih kepikiran mw posting tp untung gak jadi karna kemarin itu aku lagi labil bgt, ababil malah. hehehe... tp sekarang aku bs pelan-pelan mengerti bahwa Tuhan mw ajarkan aku banyak hal di sini, walaupun aku masih blm tw apa rencana Tuhan tapi aku imani klo Tuhan sudah rancangkan yg terbaik (walaupun yg terbaik ini menyakitkan buatku, tp ini yg Tuhan blng terbaik untuk aku) jauh sebelum aku ada dalam kandungan ibuku. ehhehe..

sebenernya ini dah berlangsung cukup lama tapi aku lupa kapan tepatnya. mungkin masalah ini gak terlalu penting bagi sebagian orang apalagi yang dah lewatin masa2 20an. duuuhhh.... to the point aja lah ya. jadi masalah ini mengenai cowok! hahah.. GUBRAK bgt kn?! (kirain masalah apa!!)

jadi tahun 2009 kemarin aku memutuskan untuk memulai komitmen dengan seorang pria. fotonya ada noh di postingan sebelumnya.. itu brarti dah 2 tahun ya. hehehe... walaupun kami masih muda saat itu (sekarang masih muda juga koq ^^) tapi kami gak main-main. bener! kami doakan dan hub kami pun bangun hub yg gk aneh,, karna kami tw kami ikutin standarnya Firman Tuhan (hehe,, omongan ini jd berat). bukannya kami mw sok2an,, tp kami bener2 mw hub kami adalah hub yg kudus dan berkenan dihadapan Tuhan, walaupun aku gak blng smua mulus dan gampang. gak bgt! berkali2 tergoda koq tuk gandengan, peluk, blablabla... tapi kami slalu mengingatkan satu sama lain saat mw aneh. sampai skrng aku brsyukur Tuhan jaga hub kami ttp kudus secara fisik. (karena belakangan aku baru tw ada yg namanya jaga kekudusan perasaan, nanti aku share deh).
pokoknya semua kelihatan baik-baik saja slama 2 tahun. (minimal itu menurutku). tapi ya itu kali ya.. aku mungkin terlalu sombong. sudah merasa mampu jalani hub yg bener dengan kekuatan sendiri. seolah-olah aku bisa atur smua kyk yg aku mau. sampai Tuhan hajar aku..

aku gak tw gmn ceritain kronologinya, masalah mana yg muncul duluan, yg jelas hub aku jdi kacau bgt. smua brantakan. dari aku yg pindah gereja (ini lewat pergumulan yg panjang kenapa aku sampai pindah) jdnya beda denominasi sama dia dan ini akhirnya jadi masalah besar bgt. kami hampir putus karna denominasi ini. sampai aku tanya papa, papa ksh beberapa saran. Ini memang masih blm beres (gak tw juga kpn beresnya, tp aku berserah sama Tuhan). lumayan lega untuk yg ini,,
eh lagi kami bergumul gini,, dia sibuk inilah itulah (klo menurut dia sih, dia mw max hidupnya, tp dia apa2 dikerjakan sehingga aku liatnya tuch dia maksa bgt.) saat dia sibuk gni au ngerasa dicuekin, disingkirin (sory ya,, melow bgt!!). nah dr sinilah aku jd mikir macem2. dia dah gak peduli sama aku lah, dia lbh seneng bareng yg lain lah, pokoknya bla bla bla... masalah denominasi blm beres ditambah ini, aku ngerasa aku berjuang sendiri untuk pertahankan hub ini sementara dia berjuang bangun hidupnya.

setelah ababil beberapa saat, kemudian Tuhan sadarkan klo aku gak boleh fokus sama masalah ini trs. hidup aku hrs terus jalan. kuliah, keluarga, pelayanan di LPPI, MYC, pergumulan akan panggilan jadi guru. banyak hal yg hrs aku kerjakan. apakah aku akan terus berlarut-larut dlm masalah ini? gak kan?! aku tw idealnya gitu, (buat yg pnya pacar psti rasain deh ini gak semudah teorinya)

Trus gmn?

aku bersyukur,, hari sabtu kemarin aku ikt ibadah pemuda, JEGEEERRRR!
Pendetaku blng
"klo kamu putus cinta jangan cepet cari pacar, CARI WAJAH TUHAN. maka kamu akan melihat kesucian ALLAH lebih dari segalanya. Tuhan mau bicara sama kamu, Tuhan mau ajar kamu. Terima situasi itu! blajar masa-masa isolasi itu, saat dimana kamu merasa sangat kesepian walaupun sekeliling kamu rame tapi kamu tetap merasa sepi, ngerasa gak ada yang peduli, gak ada satupun yang mengerti kamu,, Itu adalah SAAT PALING BERBAHAGIA KARNA ITU SEBUAH ANUGRAH. Blajar lihat Tuhan, jangan lihat dirimu"

Tuhan tegur aku,, langsung tusuk jauh kedalam dasar hati aku! aku gak bisa tahan air mata aku lg, rasanya aku pengen langsung nangis kenceng2, tp aku inget ada jemaat lain disamping aku, akhirnya air mata aku kluar tanpa suara, tapi hati aku berteriak keceng, berseru "YA TUHAN"

trus aku juga keinget buku yg aku lg baca When God Writes Your Love Story blng gini
"untuk menemukan sesuatu yang lebih baik, kita harus bersandar kepada Allah dan membiarkan apa yang paling berharga bagi kita direnggut. kita harus menjadi rapuh utnuk mempercayaiNya, jika kita ingin menemukaN keamanan dan kepuasan di dalam-Nya. kita harus bersedia melepaskan milik kita yang paling berharga, dan membiarkan IA memegang kemudi atas hidup kita"

slama ini aku merasa hub aku baik dan hub kami pun gak macem2. tapi ada 1 hal paling esensi yg aku lupakan. bahwa sesungguhnya aku berjalan dengan kekuatanku sendiri dan gak slalu melibatkan Tuhan. makasih Tuhan sudah sadarkan aku.

tw apa yg kemudian terjadi,, saat aku sadar minta ampun sama Tuhan dan mw mulai hub yg slalu libatkan Tuhan,, bukannya masalah terselesaikan kami hidup dalam hubungan yang bahagia... yg terjadi adalah malah tambah buruk (klo dalam pandangan duniawi).
tadi malam dia BBM aku "doakan aku biar aku bener2 yakin klo aku masih mencintaimu, aku bener2 berusaha meyakinkan diriku ttng itu, maafkan aku" aku terjemahin ke bahasa kasarnya ya "xry ya aku kyknya gak yakin deh masih syg kamu ato gk"
sedihh,, IYA BGT. diotakku jd mulai aneh2. jd mikir.. pantes kmsrin dia gini, gini, gitu, gni, gitu.. ow ternyata penyebanya karna dah gak ada perasaan, pantes!!

tp aku lgnsng ingat smua yg aku dah tulis di atas ttng khobah hari itu, buku yg aku baca, dan jawaban aku sama Tuhan saat aku blng "IYA TUHAN aku serahkan hidupku padamu, bentuk dan pakai aku sesuai kehendakMu". Seolah2 Tuhan nagih apa yg aku ucapkan atas respon Firman Tuhan yg aku denger.
tau gak hal yg luar biasa adalah
aku gak ngerasa sakit hati. aku gak salahin dia. aku ngerasa TENAAAAANGGG bgt. karna aku sadar hidupku ditanganNya, aku ada di hatiNya, kasihNya dan anugrahNya itu melebihi apapun.

aku diingatkan janji Firman Tuhan saat Paulus blng
"dalam kelemahanku, Kuasa-Mu menjadi sempurna"

1 komentar :