Mengenai Saya

Foto Saya
Sentani, Jayapura, Indonesia
I belong to God. He has been redeem and forgive of all my sins. He has change me from who i was to who i'm now so.. it's only by His grace--> By using this blog, I want to share how great is God's grace in my life. I also want to share how does He lead and mold me to be more Christ-like each day.

Kamis, 20 Oktober 2011

aku dan mantanku

aku bersyukur bgt tuk waktu yg Tuhan kasih tuk aku dan mantan (*skrng aku pnya mantan. heheh) kemarin siang..

aku minta tlng dia berdoa untukku. beres berdoa kami share pelajaran apa yang kami dapetin pasca putus ini.

ternyata banyak banget hal-hal yang kami kira slama nie hubungan kami baik2 aja, tapi ternyata begitu banyak borok2nya, kami justru saling menghambat. ternyata mungkin slama ini begitu banyak yang dia pendem, sakit hatinya sama aku, dan ternyata slama ini aku banyak menyakitinya. dia belajar untuk lebih blakblakan, tegas, bisa pegang komitmen. aku belajar untuk gak terlalu dominan (karna perjalanan hidup aku buat aku lebih dominan, dan itu hal yang penting bgt tk aku blajar tunduk. karna Firman Tuhan juga ngajarin sebagai wanita yg nti akan jd istri harus tunduk sama suami^^), lain kali klo aku mulai hubungan aku  harus  jujur tentang hidupku, blajar mengendalikan emosi, dll. Aku juga lebih menghargai dan bangga padanya setelah putus ini, karna slama ini kedominan aku bikin dia gak berkembang. dan bersyukur dia ambil keputusan yang tepat banget tuk hubungan kami.

aku dan dia jadi sadar klo kami memang terlalu cepat memulai hub ini dulu. walaupun kami dah doain tapi tiap keputusan kami berjalan dengan kekuatan kami sendiri. dan gak tw kenapa walaupun berat bgt (iya aku ampir 3 malam nangis lho, bukan brarti aku putus trus enteng2 aja, ngerasain bgt koq keinget kenangan... layaknya ce normal lah ya. udah ah nti aku jd meloww2 lg), aku gak malu aku putus, aku ngerasa menang, menang lawan keinginan aku dan membiarkan Tuhan tuntun kehidupan cintaku. aku mau ikut rencananya Tuhan.

jadi pelajaran untuk nanti aku mau:
1. doakan pasangan hidup mulai sekarang. aku mau mencintainya jauh sebelum bertemu dengannya. di when God writes your love story ada  bagian yang bilang dalam amsal 31 (tw kan yg isinya untuk menjadi wanita bijak) nah aku lupa ayat tepatnya tapi ada di bilang "ia (wanita bijak itu) berbuat baik dan tidak berbuat jahat (mencintai) suaminya sepanjang umur hidupnya" lho?? mana mungkin aku bisa mencintai suamiku sepanjang umur kn toh ketemunya aja pas dah bangkotan. nah Firman Tuhan mau ajarin aku untuk mencintai suamiku jauh sebelum aku dan dia ketemu. makanya mulai skrng aku mau jaga hidup dan perasaan aku (yg aku tw walaupun dah ancur dikit, maap ya my husband.) yang terbaik yg bisa aku jaga.
 jd jgn buru2 ambil keputusan "dia orang yg tepat" gumuli dulu.. slalu sertakan Tuhan

2. ada bagusnya sebelum memutuskan berkomitmen. jujur apa adanya tentang kelemahan dan hidupku. aku gagal dibagian ini. gak smua aku beberin. karna kejujuran itu kunci kepercayaan. mau dia terima ato gak itu urusan Tuhan proses dia. justru saat tw kelemahan aku tapi dia tetap mencintai aku, itu anugrah bgt dan hanya karna pekerjaan Tuhan kan?!

3. buat visi dan komitmen mengenai hubunganku. karna saat ada masalah di depan nanti, visi dan komitmen itu yang akan bikin aku kembali lg. kami pernah bikin itu, kami mau hub kami jadi berkat, jadi klo saat kami mulai mw melenceng kami inget visi awal. gmn mw jadi berkat klo pacaran gak kudus, y kn?! rancang dan  klo perlu tulis dan paling penting doakan supaya bisa terus jalani visi itu.

4. berkomunikasilah dengan sehat. ini point penting bgt. aku juga gagal dalam point ini. sering kali aku tanpa sadar menyakitinya dengan perkataanku. memang aku belum siap bgt tuk pacaran, banyak hal dalam diri aku yang harus dibenahi. ini jg ngmng soal budaya dan latar belakang. untuk satuin 2 budaya yg beda itu susah bgt. aku kebiasaan ngmng kasar tapi hatinya terlalu lembut tuk dnger yg kasar2. aku blajar dari 1 blog yg very blessing dan menginspirasi bgt bilang gini
"Tanda kalo kita mencintai seseorang adalah lewat apresiasi yang kita berikan kepadanya lewat perkataan dan juga sikap kita. Apakah lewat CARA BERBICARA kita, it shows highly honor to our spouse? Apakah lewat SIKAP kita, pasangan bisa merasa dirinya dicintai, dihargai dan dibutuhkan? We must learn how to put true love into action through our words and acts and even through our responses when we are facing conflicts."
 Praktisnya gini:
1. always open heart to share. ngomong klo pasanganmu ada salah. jangan dipendem
2. willing to say sorry and forgive
3. accepted you just as you are.



jadi buat kamu kamu yg putus cinta,, percaya deh itu bukan hal yang memalukan, bukan brarti kita kalah. tapi lihat bagaimana ada rencana Tuhan dalam masa2 kita melepaskan, kesepian, keinget lg. dan ayat ini gak ngawang2 tapi berlaku untuk smua aspek hidup kita termasuk kisah cinta kita:
"And we know that in all things God works for the good of those who love him, who have been called according to his purpose" -Romans 8:28-

10 komentar :

  1. Aku yang pacaran pun merasa diberkati dengan sharing kamu :) Memang hal yang paling bahagia adalah menjadi wanitanya Tuhan. GBU!

    BalasHapus
  2. Semangat, Pi! :)

    Ayo kita yang jomblo dan pernah patah hati sama2 fokus sama Tuhan!

    Perempuan yang tidak bersuami dan anak-anak gadis memusatkan perhatian mereka pada perkara Tuhan, supaya tubuh dan jiwa mereka kudus. (1 Korintus 7:34)

    Yang pacaran kayak Amel juga fokuslah sama Tuhan sambil bangun hubungan sama si Abang.. hehehe..

    Gbu, girls! :)

    BalasHapus
  3. @ amel :"We pray for u, mel.. perjuangkan hub yg fokus sama Tuhan"
    @ Novi : "becoming the woman God wants me to be. heheeh ^^"

    BalasHapus
  4. Huwaaa . . .>.<
    Thank you nich sharingnya, aku juga perlu mengoreksi semuanya nich. THanks ya Vie, diingatkan kembali bagaimana mempertahankan kekudusan dalam berpacaran.
    di tunggu sharingnya yaaaa...


    LOVE YOU Muuuuuaaaaccchhhhh :*

    BalasHapus
  5. Halo Silviana.. Nama kita mirip ya, hehehe..
    Sharingnya memberkati sekali, jd bisa ikutan belajar banyak jg =)

    Ada 1 hal lg yg harus km syukuri: kamu punya mantan yg dewasa. Km & mantan km bs sama2 dewasa bgt dlm menghadapi semuanya, terutama pascaputusnya kalian. Masih bisa duduk bareng, bahkan mengevaluasi kesalahan2 satu sama lain, bener2 luar biasa lho.. Sedangkan banyak pasangan (termasuk aku & mantan) yg hubungannya jd rusak pascaputus.
    Tau nggak, bahwa ketika kita menghadapi masalah bersama orang yg dewasa, kita jd bisa dgn dewasa jg menghadapinya. Sebaliknya, kalo dia ga dewasa, kita mau menghadapi dgn dewasa pun ga bisa..

    Tetep semangat yaa! & trs maju dlm Kristus.

    Salam kenal :)

    BalasHapus
  6. halooo silviana.. salam kenal yaaa...
    ehh kam kuliah di ui yaa?? abis ada danau2nya gtuu.hehehe..

    sil.. aku suka bangeeed tlisan kamu yang inii.. bener2 mengingatkan aku lagiii dehh.hoho.. salam kenal yaaa =)

    BalasHapus
  7. @ sylvia :) iya nih mirip namanya.
    iya thkQ bgt..^^ aku bersyukur. aku bersyukur Tuhan tlng aku berespon bener jg waktu itu. karna hampir aja aku lakuin hal2 konyol. gak mau ktmu lah, mw benci dia seumur idup rasanya.. hehe.. Tp Tuhan ingetin bkn gitu caranya. akhirnya aku ajak dia ktmu deh tuk share n doa bareng.. itu pilihan.

    BalasHapus
  8. @ kezia :) salam kenal juga. aku di uph. ada danaunya tapi skrng dah gak berair:(

    BalasHapus
  9. kiraiiinn di ui.hahaha. abis stauku yg punya danau cm ui :D
    sil ga adaa tombol bt follow blog mu yaa??hehehe.
    follow blog aku donk sil :D

    BalasHapus
  10. well sil, i believe that you have such a great journey in your life. Bad or good things in your life is a long life proccess. Some people decided to give up in the middle of their way but i believe u are not in that category...Keep smile :) Love u dd ku...muach...hi3

    BalasHapus