Mengenai Saya

Foto Saya
Sentani, Jayapura, Indonesia
I belong to God. He has been redeem and forgive of all my sins. He has change me from who i was to who i'm now so.. it's only by His grace--> By using this blog, I want to share how great is God's grace in my life. I also want to share how does He lead and mold me to be more Christ-like each day.

Minggu, 23 September 2012

life lesson @ Jambi

Aku begitu bersyukur Tuhan untuk Firman di saat teduh guru pagi ini mengenai "Kesakitan, Kasih, dan Pembentukan".  (dari Manna Sorgawai, 24 September 2012),, dikisahkan bagaimana cara induk jerapah yang baru melahirkan anaknya kemudian ditendang berkali-kali hingga bayi jerapah dapat berdiri dan berjalan. aku ingat burung rajawali juga melakukan hal yang sama kepada anaknya yang baru lahir, dibawa terbang tinggi lalu dilepaskan, tapi ketika hampir jatuh, induk rajawali siap siaga untuk lngsng menarik dan membawa ke atas kemudian di lepaskan lagi berulang-ulang hingga bayi rajawali dapat menggunakan sayapnya untuk terbang.

Aku ingat begitu jugalah Tuhan mau mendidik aku. aku baru "ngeh" ketika mengingat kejadian-kejadian yang aku alami 2,5 bulan di Jambi ini. Sudah lama sekali aku gak melakukan refleksi pribadi karena rutinitas yang berputar terus dan mengejar penyelesaian penelitianku. Dan Tuhan minta aku berhenti sejenak untuk berefleksi. saat aku menuliskan ini, aku menghabiskan setengah tissue yang baru aku beli kemarin. hehehe... aku bersyukur aku bisa menanggis karena begitu terharu, kagum, bahagia karna melihat bagaimana Tuhan mendidik aku.

pertama, di tempat ini aku belajar mengasihi orang-orang yang tidak menyukaiku. Aku gak tau apa yang membuat mereka gak suka dengan hal-hal yang kulakukan dan dengan sindiran-sindiran yang membuat aku down. aku berusaha tetap tersenyum dan bersikap biasa saja terhadap perlakuan-perlakuan itu. tapi kenapa ya kecenderungan kita saat ada orang yang sebal dengan kita, kita lama-lama juga jadi sebal. bener gak?!. Nah, aku begitu bergumul dengan diriku sendiri bagaimana caranya aku mengasihi orang-orang seperti ini. thnks God, pelan-pelan TUHAN BERIKAN AKU CARA PANDANG YANG LAIN, lihat background mereka, lihat bahwa mereka pun sedang belajar sehingga perlahan aku dapat menerima pribadi-pribadi yang unik itu, dan mengasihi mereka sebagaimana adanya mereka. kadang kita harus bersabar menanti perubahan orang lain. seperti dulu sebelum aku berubah pasti aku banyak buat orang lain makan hati. ehehhe.. dan berapa tahun coba Tuhan menantikan aku berubah.. kebersamaan dengan perbedaan ini membuat sama2 mengasah karakter. dan aku bersyukur untuk orang-orang yang Tuhan tempatkan disekelilingku saat ini untuk membentuk aku.

Kedua, aku bersyukur buat orang-orang yang begitu mengasihiku... aku bersyukur bahwa aku dikasihi. aku gak pernah "ngeh" sebelumnya begitu besar cintanya keluargaku kepadaku. bukan berarti kemarin2 mereka gk syg sm aku tp kami keluargaku tuch gak biasa menunjukkan sayang, tgl 22 kemarin aku ulang tahun dan mereka kirimkan aku foto mereka sedang memegang kertas ucapan met ultah. Aku tau keluargaku gak sempurna, tapi aku besyukur Tuhan hadir di dalam ketidaksempurnaan itu untuk menyempurnakan kami di dalam kasih-Nya. thnks God, i miss them and love them so much.

Hal yang buat terkejut juga aku di saat aku gak lagi memikirkan relationship wth man things. di saat aku lagi konsent ke hidupku dengan Tuhan dan masa depanku, hadir 4 co yang tertarik padaku. awalnya aku gak terlalu respon. maksudnya karna mereka baru mengenalku, masih liat yang baik-baiknya mereka blm tw jelek-jeleknya aku. Ada 2 orang yang aku lihat perjuangannya. aku gak pernah sangka dia sampai sebegitunya. thnks God, aku bersyukur bahwa aku berharga, aku layak dicintai. (jgn sombong saat ada diposisi ini, bersyukur!) dari 4 orang tersebut aku memang menaruh ketertarikan dengan 1 co dari pertama kali aku lihat dia. tapi aku serahkan itu sama Tuhan sebelum aku tau dia juga tertarik padaku (awalnya ku kira co ini sudah punya istri lhooo. berminggu-minggu lho aku yakin akan itu tapi kemudan akhirnya aku tau dia blm menikah.) maksudnya aku lagi gak mau sebenarnya berurusan dengan co dulu.. tapi semakin lama aku sadar aku punya feeling sm orang itu. semakin aku punya feeling semakin aku takut, takut ini hanya cinlok. Tapi aku bersyukuuuuuurrr Tuhan berikan perasaan ini, sudah lama rasanya mati rasa sama co. heheh... trus dia'nya gimana? nah, untuk kelanjutan ini, aku lanjutkan di part yang khusus aja ntar. karena skrng msh bergumul. masih didoakan.
intinya aku bersyukur melalui orang-orang ini aku melihat God cares about me sampai hal detail kyk kehidupan cinta pria-wanita pun Tuhan perhatikan, Tuhan mau aku belajar meresponi cinta orang lain dengan tepat. Tuhan mau aku belajar  mencintai lawan jenis dengan caranya Dia.

Ketiga, aku belajar bersyukur untuk kehidupanku selama di asrama dengan fasilitas yang berlimpah.. Serius, rasanya gak layak mengeluhkan makanan di FJ (food junction di kampusku) yang udah dapet gratis makan 3x sehari lengkap makanan 4 sehat, dimasakin, gak ush cuci piring. sedangkan di sini aku harus belajar atur2 keungan untuk makan supaya gk over budget, bersih-bersih setelah masak. trus sampai air minum pun harus kudu diirit, karna pernah 2x kehabisan air karna lupa perhatiin galon dah kosong. trus mengenai air, di sini air'nya kadang gak waras, coklat-coklat gt.. bingung klo sudah air'nya kumat, mandi gak bisa, cuci baju, cuci piring gk bisa. sdngkan di asrama menghambur-hamburkan air, dan sebenarnya banyak hal-hal kecil2 yang buat aku betapa bersyukurnya hidupku slama ini di asrama. Mulai hari ini aku akan menghargai banyak hal di dalam hidupku yang Tuhan sudah berikan. dan sebenernya dibandingkan tempat praktek temanku yang lain tempatku ini sudah tergolong enak lho, masih di kota.

Keempat, aku belajar bijaksana dalam mengambil pilihan pemakaian waktu. gak ada yang atur atau deadline pengumpulan tugas kyk kuliah. harus tentuin sendiri kapan penelitian akan dilakukan dan kapan akan diselesaikan dalam waktu 4 bulan ini. atau aku pilih santai-santai, pulang ngjar, ongkang-ongkang kaki, guling2 gak jelas dan waktu terbuang sia-sia atau aku kerjakan sesuatu yang berguna. aku bersyukur di gereja sini aku memutuskan ikut membantu pelayanan SM dan kemarin sempat ikt panitia KPIN. selain itu aku juga belajar main gitar di sini bersama kakak2 yang tinggal 1 rumah dengan kami. awalnya sulit mengatur jadwal ini itu,, tapi setelah aku jalani dan aku tegok lagi ke belakang, justru dengan "kesibukan2" inilah hidupku lebih teratur dan lebih maksimal. Makanya aku sekarang heran jika ada yang orang menggunakan kesibukan sebagai alasan tidak dapat melayani. jutru bagiku di dalam "kesibukan" itulah memotivasiku untuk tidak menunda pekerjaan karna seharian running trs, jd kudu slesai sesuai jadwal spy tdk ada yg keteteran. dan juga dimasa2 ini buat aku semakin bergantung sm Tuhan. krna banyak hal yang kelihatan tidak mungkin bs dikerjakan tp toh terlewati, Tessalonika 5 :24 bilang "Ia yang panggil, Ia juga yang akan menggenapi. soo.... setia dulu, jalani by faith, ntar ngerti belakangan." :)

Kelima, Aku juga semakin diteguhkan menjadi seorang guru.. pendidik... it's only by HIS grace. Tuhan mau pakai orng kyk gni untuk menjadi sejarah dalam hidup anak-anak. Walaupun gak mungkin smua anak bs ditouch, diubahkan. tp minimal aku bs tanamakan sesuatu yang jd modal pegangan hdp mereka... aplg klo bukan mengenalkan mereka sm GOD=CHRIST. aku bersyukur ada beberapa anak yang Tuhan prtmukan.

segini dulu deh... pegeel.. hehehe... skrng aku siap mengerjakan hal-hal lainnya... ntar ku sambung lg..

1 komentar :